rthu

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Share/Bookmark
Powered by Translate
<p>Your browser does not support iframes.</p>
Gang tutorial akan kembali share tips trik komputer tentang flashdisk. Kenapa? karena flashdiks meruapakan salah satu mendia penyimpanan yang banyak dimiliki oleh masyarakat termasuk tukang becak sekalipun. Namun flashdisk juga sering bermasalh diantara rusak taupun tidak terbaca saat di masukkan ke port komputer

untuk memperbaiki flashdisk yang rusak, silahkan sobat bisa baca pada postingan dibawah ini ;
Cara Memperbaiki Flashdisk yang rusak
Cara Atasi Flash Disk Tidak Bisa Diformat Part I
Atasi Flash Disk Tidak Bisa Diformat Part II
Upgrade Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat

Flashdisk tidak terbaca, tentu sangat mengesalkan. Apalagi, saat sudah mau copy hasil data penting diwarnet yang sudah seharian OL. Bukan hanya kesal, marah, dan segala macam.

Flashdisk yang tidak terbaca biasanya ditandai dengan tidak munculnya pesan “removable hardware” di taskbar (sebelah kanan bawah/ dekatnya jam) tampilan monitor anda. Atau dengan kata lain pada system tray. Kadang,walaupun sudah muncul ikonnya, namun ketika diklik muncul jendela baru yang memberikan pesan error, dan sebagainya.


Berikut ini beberap macam masalah yang ditemukan dalam pendeteksian dan pembacaan flashdisk. Eit...jangan lupa pastikan dulu bahwa yang rusak bukan flashdisknya, melainkan drive USB yang terdapat dalam suatu PC.

Masalah yang paling lazim terjadi adalah konflik sistem pada hardware komputer, konflik pada hardware tersebut menimbulkan kerusakan dalam proses pembacaan flashdisk. Pada kasus ini, flashdisk tidak terdeteksi oleh PC tetapi tidak bisa dibaca. Cara untuk mengatasinya :
  • Colokkan flashdisk pada port USB komputer
  • Restart komputer
  • Jika masih tetap tidak terbaca, silahkan uninstall USB drive
  • Bukalah My Computer
  • Klik Control Panel >> Klik system
control panel

  • Jika sistem sudah terbuka, perhatikan tab hardware
system properties

  • Klik device manager dan carilah tulisan “Universal Serial Bus Controller”
device manager

  • Jika anda melihat hardware berwarna kuning, klik hardware tersebut
  • Klik “uninstall”
  • Lalu restart kembali komputer anda

Biasanya setelah cara diatas dilakukan, flashdisk sobat dapat dibaca kembali. Dan apabila setelah cara diatas telah dilakukan namun tidak menunjukkan hasil apapun, kemungkinan besar adalah kerusakan hardware. Kerusakan hardware dapat ditimbulkan oleh banyak sebab, tapi faktor utama yang menyebabkan kerusakan hardware adalah mencabut flashdisk secara langsung dari komputer. Banyak orang yang ingin cepat dan praktis menyepelekan Safety Remove USB dan melakukan hal (mencabut flashdisk secara langsung, tanpa konfirmasi/pamit dari PC), padahal Safety Remove USB adalah sesuatu hal yang penting untuk mencegah kerusakan hardware.


Jenis kerusakan lain adalah, saat flashdisk diklik akan muncul sebuah jendela baru yang meminta kita untuk mem-format flashdisk tersebut. Satu-satu jalan untuk tetap memakai flashdisk tersebut adalah mem-format flashdisk tersebut, walaupun harus mengorbankan data yang ada didalamnya.

OK. sampai disini dulu cara mengatasi flashdisk tidak terbaca, semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

Sumber : http://sandydoank12.blogspot.com/2011/12/cara-mengatasi-flashdisk-tidak-terbaca.html#ixzz1g1kPgHeW

Recommended Posts :

0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

 

Alexa Site Info

Categories